Monday, January 7, 2013

Menyingkat Alamat Website dengan URL Shortener


Keberadaan akses internet di era digital memberi berbagai kemudahan bagi semua orang dalam mencari informasi. Dalam hitungan menit bahkan detik informasi sudah bisa didapatkan dengan mudah. Bagi kalangan sivitas akademik, keberadaan akses internet menjadi berkah tersendiri dalam mencari sumber referensi. Di internet terdapat berbagai sumber referensi dalam berbagai format yang dapat diakses kapan pun dan di mana pun.
            Pada saat membuat karya tulis ilmiah, sumber referensi yang didapatkan melalui internet harus dicantumkan ke dalam catatan bibliografi atau daftar pustaka. Sumber referensi tersebut berupa alamat dari sebuah website yang dikutip isinya.
            Dalam penulisan daftar pustaka yang bersumber dari internet, kita akan menemui alamat website yang mempunyai karakter tulisan sangat panjang. Tentu hal tersebut akan menyulitkan kita dalam mengingat dan membuat daftar pustaka.
            Untuk memudahkan dalam mengingat dan menuliskan alamat website dengan karakter tulisan yang sangat panjang, kita dapat menggunakan alat bantu berupa URL Shortener. URL Shortener merupakan sebuah aplikasi online yang berfungsi untuk menyingkat (shorter) alamat website yang panjang menjadi lebih singkat 5 atau 6 karakter.

Ada banyak sekali URL Shortener yang dapat kita gunakan. Berikut  beberapa jenis URL shortener yang sudah banyak digunakan, http://goo.gl/, http://is.gd/, http://tinyurl.com/, http://bitly.com/, http://3.ly/, http://adf.ly/, dan masih banyak lagi.

Pada umunya URL Shortener ini bersifat gratis. Cara menggunakannya pun sangat mudah. Terlebih dahulu kita membuka alamat URL Shortener melalui internet, kemudian kita copy-kan alamat website yang ingin disingkat (shorten) ke dalam kotak box yang telah disediakan oleh masing-masing URL Shortener. Setelah alamat tersebut dimasukan, kita klik “shorten”. Secara otomatis alamat website yang awalnya berkarakter panjang akan menjadi lebih singkat.

            Keuntungan yang didapatkan dalam menggunakan URL Shortener ini adalah memudahkan kita dalam mengingat alamat dai sebuah website yang sangat panjang menjadi lebih singkat. Selain itu, dengan karakter tulisan yang lebih singkat memudahkan kita dalam proses pengetikan, terutama bagi mereka yang masih pemula.[]

Dimuat di SKH Kedaulatan Rakyat, Senin 07 Januari 2013

0 komentar:

Post a Comment