Monday, January 11, 2016

PUSTAKAWAN BLOGGER

Bagi sebagian orang menulis merupakan sebuah kegiatan yang teramat susah, menguras pikiran dan juga waktu. Namun, bagi sebagian orang yang sudah terbiasa menulis, kegiatan menulis teramatlah sangat mudah. Ungkapan Jawa mengatakan, biso jalaran soko kulino. Ya, itulah kiranya kalimat yang pas untuk menggambarkan kegiatan menulis. Semakin sering dilakukan, maka tidak ada kata ‘sulit’ dalam menulis.

Dalam menulis, ada banyak sekali media yang bisa digunakan sebagai wadah menulis. Mulai dari yang konvensional seperti buku dan media massa, sampai dengan media digital (online) seperti blog, website, dan sebagainya.

Salah satu media penulisan yang menarik untuk disimak adalah blog. Blog merupakan salah satu media penulisan online yang bersifat gratis. Artinya, setiap orang di sini bisa memiliki blognya masing-masing. Jika analogikakan, blog ini semacam buku catatan pribadi kita. Penggunanya pun sangat beragam, mulai dari remaja hingga orang dewasa.

Melalui blog, seseorang bisa menyalurkan ide menulisnya dengan lebih mudah. Setiap tulisan yang ada di blog bebas terbit tanpa ada proses seleksi panjang seperti halnya dalam media masa (surat kabar). Untuk itu, isi/ kontent yang ada blog 100% menjadi tanggung jawab si penulisnya. Ada juga yang mengatakan bahwa blog ini bisa difungsikan sebagai media jurnalisme warga (citizen journalism) di mana setiap orang atau lapisan masyarakat dapat menginfokan segala sesuatu dengan mudah.

Meski demikian, blog ini memiliki dua mata sisi uang. Blog bisa jadi positif jika digunakan secara arif dan bijak oleh penggunanya. Namun, blog juga bisa bernilai negatif jika disalahgunakan oleh penggunanya, misalnya untuk penyebaran pornografi, penipuan, dan sebagainya.
***

Kali ini, saya berkesempatan menimba ilmu dan juga pengalaman dari seorang pustakawan yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blog. Dia adalah Mas Murad Maulana, seorang pustakawan blogger yang bekerja di salah satu instansi pemerintah dan kini sedang meyelesaikan studinya di Program Magister Ilmu Perpustakaan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Saya pertama kali kenal dengan Mas Murad (demikian saya memanggilnya) melalui media sosial facebook. Dan akhirnya, tanpa sengaja kita dipertemukan di Rumah Maiyah di Jl. Wates Km. 2,5 sewaktu ada acara temu kangen MIP UGM Yogyakarta. Waktu itu, saya bekerja di Rumah Maiyah sehingga saya bisa turut hadir dalam acara temu kangen keluarga besar MIP UGM Yogyakarta tersebut. Setelah acara tersebut, kami sering ngobrol lewat facebook sehingga pada suatu ketika, kami memutuskan untuk saling bertukar karya.

Ada salah satu karya menarik Mas Murad, yaitu buku berjudul Motivasi Go Blog: Semangat Menulis Blogger Pemburu Dolar. Karya tersebut merupakan karya ketiga dari semua buku yang ditulis oleh Mas Murad. Dari judul bukunya, tentu kita sudah bisa menebak apa isi dari buku tersebut. Ya..., ini bukan buku kepustakawanan, melainkan buku yang banyak bicara bagaimana seseorang menulis di blog. Tidak hanya sekadar menulis, tetapi juga bisa menghasilkan penghasilan (dolar).

Ketika kami ngobrol, Mas Murad sempat cerita bahwa ia sudah nge-blog selama kurang lebih 7 tahunan. Selama itu, ia mengalami proses jatuh bangun dan pernah juga selama 3 tahun tidak mendapatkan apa-apa dari kegiatan ngeblog. Proses yang luar biasa (dalam batin saya). Namun, jerih payah Mas Murad pun berbuah manis. Dari kegiatan ngeblog, ia bisa membiayai Ibunya pergi menunaikan haji (jangan dibayangkan berapa besar pendapatan dari ngeblognya ya..., sudah tentu jumlahnya tidak sedikit.., hehehe).

Ia pun berpendapat bahwa, seharusnya, blog ini bisa menjadi penghasilan tambahan bagi para pustakawan di Indonesia. Bahan bacaan yang ada di perpustakaan menjadi aset penting untuk dijadikan tulisan di dalam blog. Sayangnya, hingga kini belum banyak pustakawan yang tahu dan mau untuk menulis di blog. “Ketimbang pada ngeluh masalah gaji, mending nulis saja di blog..hehehe” demikian ujarnya.

Terlepas dari materi yang didapatkan dari kegiatan nge-blog, Mas Murad merupakan salah satu dari sekian banyak pustakawan yang mau menulis. Ada banyak tips yang diberikan oleh Mas Murad dalam bukunya tersebut. Salah satu pesan yang disampaikan oleh Mas Murad adalah, menulis itu investasi. Jadi, gunakanlah blog itu sebaik mungkin untuk kebaikan orang banyak.


Demikian cuplikan obrolan saya dengan Mas Murad. Tak lupa, dia akhir obrolan, kami menyempatkan berfoto bareng sekaligus saling bertukar karya.. J ^_^

0 komentar:

Post a Comment